Jumat, 08 Januari 2021

Bahagia


"Be happy!"

Begitu kata banyak orang yang selalu menyuruh orang lain untuk bahagia tanpa tau cara untuk mendapatkan kebahagiaan itu sendiri.

Bagiku kebahagiaan adalah perasaan dimana kita tidak mempunyai beban pikiran. Permasalahannya adalah, seringkali kita justru mencari alasan, bukan mencari solusi.

Konsep bahagia bagiku terbagi menjadi dua, yaitu bahagia jangka pendek dan jangka panjang. Aku sering sekali merasakan penyesalan setelah merasakan bahagia jangka pendek. Seperti contoh bermain game, nonton film atau youtube, nongkrong keluar, dan lainnya.

Berbeda dengan bahagia jangka panjang, mungkin ini bisa disebut life satisfaction. Yaitu kebahagiaan yang menuntunku pada tujuan hidup sehingga aku bisa mendapatkan achievement. Seperti contoh olahraga, diskusi, perlombaan, bisnis, dan membaca buku.

Walaupun untuk mendapatkannya tidak mudah, namun justru aku lebih menikmati prosesnya dibanding hasil akhirnya. Aku lebih senang gagal namun belajar banyak, dibandingkan berhasil namun tidak merasakan apa-apa. Seperti halnya kita dalam memaknai hidup dan bercerita. Mungkin kalau jalannya mulus-mulus aja maka tidak akan diingat oleh kita karena itu merupakan hal yang biasa saja. Berbeda dengan ketika kita merasakan susahnya berjuang dan jatuh bangun, yaa walaupun gagal tapi itu akan selalu kita ingat karena memang usaha tidak akan mengkhianati hasil. (kecuali kita sering berkhianat)

Aku juga pernah berprinsip bahwa "Kebahagiaan adalah ketika aku membuat orang lain bahagia". Namun seiring berjalannya waktu aku tersadar bahwa itu sebenarnya tidak sepenuhnya baik. Ada waktu dimana ketika aku berprinsip seperti itu, hal yang terjadi adalah orang tersebut justru diluar ekspetasiku (tidak bahagia). Pada saat itu aku justru menyalahkan diriku sendiri dan menyesal karena kebahagiaanku bergantung kepada orang lain.

Sangat berterima kasih kepada Bandung untuk beberapa hari kemarin ketika aku sendirian disana. Banyak berfikir, sedikit bertindak. Aku rasa aku menemukan tujuan hidup dan jati diriku yang seharusnya aku mulai sejak saat ini. Yang membuatku harus terpaksa meninggalkan kebiasaan-kebiasaanku dan menghapusnya dalam keseharianku. Berat pada sekarang, apalagi baru saja dimulai dan terasa. Namun aku yakin ini semua pasti tidak sia-sia.

Kebahagiaan adalah proses dimana kita harus beradaptasi dan menikmati (bersyukur) pada setiap kejadian. Kebahagiaan bukanlah suatu harapan yang terselesaikan. Lebih dari itu, kebahagiaan adalah cara dimana kita memaknai hidup ini dan sadar atas semua karunia dan kenikmatan yang telah diberikan oleh Tuhan.

1 komentar:

  1. jadi selama ini gua baru sadar.. gua juga sering merasakan kebahagiaan jangka pendek dan rada menyesal... thanks atas tulisan yg bermanfaat ini dam

    BalasHapus