Sabtu, 31 Oktober 2020

Mari Berkenalan dengan Diri Sendiri

Mari Berkenalan dengan Diri Sendiri

 

Mengenal diri sendiri, suatu topik yang sangat dirisaukan kalangan muda-mudi termasuk saya sendiri. Hal dasar yang selalu menjadi permasalahan besar maupun kecil dalam kehidupan ketika kita tidak dapat menguasainya.

Berkenalan dengan diri sendiri bukan hanya sekadar mengetahui data tentang siapa nama kita, kapan kita lahir, atau jenis kelamin kita. Jauh dari itu, sebenarnya mengenal diri sendiri adalah menerima berbagai aspek yang ada didalam diri kita dan jujur tentang semua yang dikatakan kepada diri kita sendiri.

Hal yang mudah bukan?

Tentu saja tidak.

Banyak sekali orang termasuk saya yang masih saja merasakan ketidak-percayaan terhadap diri sendiri maupun mengetahui kapabilitas dirinya. Entah karena malu, bingung, ataupun takut untuk mencoba. Seharusnya hal ini bukanlah untuk ajang coba-coba karena bisa jadi bukannya menemukan kapabilitasnya, namun malah menjadi suatu hal yang nekat.

Padahal dalam mengenal diri sendiri adalah sumber untuk mencapai kebahagiaan maupun tujuan dalam hidup ini. Dengan mengenal diri sendiri kita tahu setiap hal yang kita lakukan, mengapa kita melakukannya, hingga mengurangi rasa ketidak-puasan dan tidak lagi merasa kalah dengan orang lain. Saya percaya setiap orang mempunyai nilai dalam dirinya sendiri dan tidak bisa dibandingkan dengan orang lain dalam mencapai kesuksesannya.

Semisal, dalam kemampuan kita sama-sama bisa menulis dan membaca. Apalagi hanya sekadar membuat artikel di blogger. Namun, cara dalam menyampaikan tulisan dan pikiran kita tentu saja berbeda.

Dengan menerima dan mengetahui potensi yang ada di dalam diri kita, kita akan tahu cara untuk meningkatkan kualitas yang bisa memaksimalkan nilai kita. Seperti contoh tadi semisalnya saya akan terus menggali bagaimana cara berpikir saya dalam menciptakan sebuah tulisan. Sehingga dalam sebuah karya kita mempunyai nilai masing-masing dan tidak bisa dibandingkan dengan tulisan-tulisan orang lain yang ada.

Maka dari itu, dengan semakin terus-menerus kita menerima setiap perkataan yang berkenaan dengan diri kita dan mengembangkan potensi yang kita miliki. Maka kita akan lebih menerima kenyataan dalam hidup ini bahwa memang kemampuan kita seperti ini. Sehingga ketika kita lebih mengenal diri kita, maka kita akan dapat mengukur suatu aktivitas yang akan dilakukan tanpa harus merasakan kekecewaan yang besar. Atau juga bisa menghilangkan sifat insecure yang ada didalam diri kita masing-masing.

Oh ya! Pembahasan kali ini juga berbeda dengan hal yang kamu sukai dengan kemampuan yang kamu miliki. Kata kuncinya adalah menerima terlebih dahulu kemampuan yang kamu miliki, baru mencari hal apa yang kamu sukai. Jika keduanya merupakan suatu aktivitas yang sama, maka hal tersebut merupakan passion dalam hidup kamu. Dengan metode sederhana ini sebenarnya dapat menjawab tujuan hidup kita.

Kemudian hal yang harus diingat adalah, bahwa berkenalan diri sendiri bukanlah suatu hal yang absolut. Berkenalan dengan diri kita sendiri bukanlah berkenalan dengan diri yang sudah ada sejak lahir. Dengan zaman, teknologi, dan bidang pekerjaan yang terus berkembang kita akan selalu menemukan hal baru yang lebih cocok terhadap diri kita.

Mari kita mulai berkenalan dengan diri kita sendiri dan menciptakan tujuan dalam setiap hal yang ingin kita lakukan. Sehingga kita bisa mendapatkan solusi dalam setiap permasalahan yang ada dan dapat berkompromi terhadap diri sendiri tentunya dengan tidak lagi coba-coba.

Sekian,

Terima kasih 




1 komentar:

  1. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus