Kamis, 08 Oktober 2020

Cipta Cerita #3 - Sebuah Cerita dari Jawa Timur


Minggu, 6 September 2020

Untuk pertama kalinya saya menetap di Jawa Timur tepatnya Ponorogo, karena biasanya saya hanya melewatinya saja namun tidak pernah merasakan indahnya daerah Jawa Timur.

Sejak lahir saya tidak pernah memiliki asal daerah di pedesaan maupun perkampungan. Saya lahir di Depok, begitu juga kedua orang tua saya yang berasal dari Depok (dulunya Kabupaten Bogor). Ketika hari besar seperti lebaran atau bulan puasa saya tidak pernah merasakan yang namanya mudik. Namun, pada hari ini mengharuskan saya kesana dan tinggal selama dua hari di Jawa Timur.

Pertama kali melihat aslinya daerah ini saya langsung jatuh cinta terhadap ramahnya masyarakat jawa yang mungkin sudah terkenal dimana-mana. Kali ini saya merasakan langsung betapa nyamannya daerah ini. Kebetulan disana ada teman kuliah saya yang juga sedang pulang ke rumahnya dikarenakan pandemi ini.

Ria namanya, saya bermain ke rumahnya dan lebih mengenal banyak pedesaan. Nama desanya Gundik, yang berarti "wanita simpanan" dalam bahasa jawa. Konon katanya nama itu berasal dari sejarah terdahulu pada saat kerajaan-kerajaan di Indonesia masih menguasai. Desanya sangat asri dan membuat saya ingin segera meraih cita-cita saya sebagai petani karena disana sebagian besar adalah perkebunan.

Ponorogo mengajarkan saya betapa asrinya kebudayaan Reog dan Pencak Silat yang masih sangat kental disana. Namun sepertinya teman saya yang satu ini sudah sangat bosan menemani saya mengenali daerahnya karena ia sudah sejak lahir disana, hehe. Saya selalu ingin menjadi petani karena menurut saya dengan hidup berkecukupan dan mengelola alam serta keramahan masyarakat bagi saya tidak akan ternilai betapa bahagianya. Namun sepertinya Ria berkebalikan dengan saya wkwk. Ia sangat aktif dibidang teknologi dalam kampus maupun organisasi. Saya justru sangat ingin mendalami tentang Agriculture.

Mungkin dia sudah mengenal banyak tentang pertanian dan tahu baik-buruknya. Berbanding terbalik dengan saya yang sejak kecil sudah bermain dengan teknologi sehingga merasakan jenuh dan ingin berganti bidang saja.

Entah apapun yang terjadi kelak nanti dengan pekerjaan dan kehidupan saya, semoga kita semua bisa diberikan kebahagiaan dalam hidup ini.

Ohya! kebetulan saat ini Ria sedang berulang tahun. Semoga terus menjadi dirinya dan bisa mencintai daerah aslinya.

Sekian,

Terima kasih










Tidak ada komentar:

Posting Komentar